Kamis, 26 Desember 2013

Aku Ingin Tahu


URAIAN SINGKAT
Tehnik sederhana ini menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan mendorong mereka untuk memikirkan tentang sebuah topik atau pertanyaan. Siswa lebih cenderung mengingat suatu pengetahuan tentang materi pelajaran yang belum pernah dibahas sebelumnya jika mereka dilibatkan semenjak awal dalam pengalaman kegiatan belajar satu kelas penuh.


PROSEDUR
1.      Ajukan pertanyaan yang njelimet untuk menstimulasi keingintahuan tentang mata pelajaran yang hendak anda bahas. Pertanyaannya haruslah merupakan per­tanyaan yang menurut anda ada beberapa siswa yang  mengetahui jawabannya.
Berikut adalah beberapa contohnya:
·         Pertanyaan. sehari-hari ("Mengapa kita mesti membayar pajak penghasilan?")
·         Cara melakukan ("Menurut pakar, seperti apakah cara-cara terbaik untuk mengawetkan mumi?")
·         Definisi  ("Apa lubang hitam Itu?)
·         Judul ("Menurut kalian, karya dramanya Ibsen, A Doll's House, berkisah tentang apa?)
·         Cara kerja ("Apa yang menjadikan mobil bisa ber-jalan?").
·         Akibat ("Menurut kalian, bagaimana akhir dari alur cerita ini? "Bagaimana pemecahan atas masalah ini?").
2.      Doronglah siswa untuk berpikir dan membuat dugaan umum. Gunakan frase semisal, "Coba tebak" atau "Coba jawab".
3.      Jangan buru-buru memberikan tanggapan. Tampung dulu semua dugaan siswa. Ciptakan rasa penasaran tentang jawaban yang "sesungguhnya."
4.      Gunakan pertanyaan itu untuk mengarahkan siswa kepada apa yang hendak anda ajarkan. Sertakan jawaban atas pertanyaan anda dalam penyajian materi anda. Anda perlu memastikan bahwa siswa lebih menaruh perhatian dibanding biasanya.

VARIASI
1.      Pasangkan siswa dan perintahkan mereka untuk secara kolektif membuat dugaan.
2.      Sebagai ganti pertanyaan katakan kepada siswa apa yang hendak anda ajarkan dan mengapa hal Itu menarik. Cobalah untuk menghangatkan tahap pengenalan ini dengan cara seperti mengiklankan sebuah film yang akan segera ditayangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar