URAIAN SINGKAT
Siswa biasanya memiliki persoalan terhadap
pelajaran yang mereka ikuti untuk pertamakalinya, khususnya jika pelajaran ini
menggunakan cara belajar aktif. Aktivitas ini memungkinkan diungkapkan dan
didiskusikannya persoalan-persoalan tersebut secara bebas tapi sopan.
PROSEDUR
1.
Jelaskan kepada siswa
bahwa mereka mungkin memiliki persoalan dengan materi pelajaran. Persoalan itu
boleh jadi mencakup hal-hal berikut ini:
·
Seberapa sulit atau
seberapa lamakah tugas-tugasnya nanti
·
Bagaimana cara berpartisipasi
secara bebas dan nyaman
·
Bagaimana
siswa akan berperan dalam kelompok kecil.
·
Seberapa siapkah gurunya.
·
Akses terhadap materi
bacaan.
·
Jadwal mata pelajaran.
2.
Buatlah daftar wilayah
persoalan ini di papan tulis. Dapatkan persoalan lain dari siswa.
3.
Susunlah prosedur
pemungutan suara yang memungkinkan siswa untuk memilih tiga atau empat
persoalan umum yan palig umum dihadapi
4.
Bentuklah
kelas menjadi tiga atau empat sub kelompok. Perintahkan tiap kelompok untuk
menjabarkan salah satu persoalan yang dihadapi. Perintahkan mereka untuk
sejelas mungkin dalam memaparkannya.
5.
Perintahkan
sengap kelompok untuk mengikhtisarkan diskusinya untuk seluruh kelas. Mintalah
reaksi atau tanggapan mereka.
VARIASI
1.
Perintahkan
kelompok untuk memikirkan beberapa solusi yang menurut mereka bisa dilakukan
oleh siswa ataupun guru untuk mengatasi persoalan mereka.
2.
Sebagai
alternatif dari diakhrinya kegiatan dengan laporan kelompok, buatlah diskus
panel atau terbuka (baca "Sepuluh Metoda untuk Mendapatkan Partislpasi
Kapanpun," pada halaman 22.)
Strategi
Pelibatan Belajar Langsung
Cara lain untuk menjadikan siswa aktif dari awal adalah dengan
menggunakan strategi-strategi berikut. Strategi itu dirancang untuk mengenalkan
siswa terhadap mata pelajaran guna membangun minat, menimbulkan rasa ingin
tahu, dan merangsang mereka untuk berfikir. Siswa tidak bisa berbuat apa-apa
jika pikiran mereka - atau jika "komputer" mereka - tidak
di"on"kan !
Banyak guru yang membuat kesalahan dengan mengajar terlalu awal - yakni sebelum
siswa merasa terlibat dan siap secara mental. Penggunaan beberapa Strategi
berikut ini akan mengoreksi kecenderungan ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar