URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini merupakan cara yang baik untuk
melibatkan pembicara tamu yang tidak memiliki waktu atau keahlian untuk
menyiapkan sebuah sesi pelajaran. Pada saat bersamaan, aktivitas memberi siswa
peluang untuk berinteraksi dengan pakar pelajaran dengan cara yang unik dan
mengambil peran aktif dalam menyiapkan pernbicara tamu.
PROSEDUR
1.
Undanglah pembicara tamu
untuk memberi ceramah kepada siswa anda sebagai pakar dalam pelajaran yang kini
anda ajarkan. (Contoh; Pejabat pemerintah setempat dapat mengunjungi kelas di
mana anda mengajarkan tentang kewarganegaraan atau tata-negara.)
2.
Siapkan
pembicara tamu dengan menjelaskan kepadanya bahwa sesi kelas ini akan
dilaksanakan layaknya konferensi pers. Agar sesuai dengan format tersebut.
pembicara mesti menyiapkan ceramah singkat atau pernyataan pembuka dan kemudian
bersiap menerima pertanyaan dari "pers."
3.
Sebelum
hadirya pembicara tamu, persiapkan siswa dengan mendiskusikan bagaimana
konferensi pers akan dilaksanakan, dan kemudian berilah mereka kesempatan untuk
merumuskan beberapa pertanyaan untuk diajukan kepada pembicara.
VARIASI
1.
Anda dapat memilih
menghadirkan beberapa pembicara tamu dalam waktu bersamaan dan melakukan
diskusi meja bundar. Tempatkan tiap tamu pada meja di bagian depan kelas atau
pada deretan kursi yang ditata melengkung agar bisa berbagi informasi dan
pengalaman dengan kelompok kecIl. Anggota kelompok akan diberi kesempatan untuk
berinteraksi dengan pembicara tamu dengan mengajukan pertanyaan dalam suasana
yang lebih santai. Bagilah sesi pelajaran menjadi sejumlah babak. Tentukan
panjang waktu masing-masing babak sesuai dengan waktu yang tersedia dan jumlah
tamu-nya. Pada umumnya, 10 atau 15 menit untuk tiap babak sudah memadai.
Arahkan kelompok kecil untuk mengalihkan pertanyaan dari satu pembicara tamu ke
pembicara berikutnya sesuai dengan beralihnya babak.
2.
Undanglah sejumlah siswa
yang sebelumnya pemah mengikuti pelajaran anda untuk menjadi pembicara
"tamu."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar