URAIAN SINGKAT
Aktivitas kerjasama ini juga segera menstlrnulasi keterlibatan
tcrhadap pengajaran yang anda lakukan. Kegiatan ini
meningkatkan pembentukan tim. pertukaran pendapat, dan pembelajaran langsung.
PROSEDUR
1.
Susunlah sebuah daftar
pernyataan yang terkait dengan materi pelajaran anda, yang setengahnya benar
dan setengahnya salah. Sebagai contoh, pernyataan "Mariyuana bisa
menimbulkan kecanduan" adalah benar. dan pernyataan, "Alkohol
merupakan obat perangsang" adalah salah; Tuils tiap pernyataan pada kartu
indeks yang terpisah. Pastikan jumlah kartunya sesuai dengan jumlah siswa yang
hadir. (Jika siswa yang hadir jumlahnya ganjil, pilihliah satu kartu untuk anda
sendiri.)
2. Bagikan satu kartu untuk satu siswa. Katakan
kepada siswa bahwa misi mereka adalah menentukan kartu mana yang benar (berisi
pernyataan benar) dan mana yang salah. Jelaskan bahwa mereka bebas memilih
cara apapun yang mereka inginkan dalam menyelesaikan tugas ini.
3.
Bila
para siswa sudah selesai, perintahkan agar setiap kartu dibaca dan mintakan
pendapat siswa tentang benar atau salahkah pernyataan tersebut. Beri
kesempatan munculnya pendapat minoritas.
4.
Berikan umpan balik
tentang masing-masing kartu, dan catat cara-cara siswa dalam bekerjasama
menyelesaikan tugas ini.
5.
Tunjukkan bahwa dalam
pelajaran ini diperlukan keterampilan tim yang positif karena hal ini
menunjukkan kegiatan belajar yang sifatnya aktif.
VARIASI
1.
Sebelum dimulainya
kegiatan, rekrutlah beberapa siswa sebagai pengamat. Mintalah agar mereka
memberikan umpan balik tentang kualitas kerja tim yang berlangsung.
2.
Sebagai ganti pernyataan
faktual, buatlah daftar opini dan tempatkan tiap opini pada sebuah kartu
indeks. Bagikan kartu tersebut dan mintalah siswa agar berupaya mencapai
mufakat tentang reaksi mereka terhadap tiap opini. Mintalah mereka supaya menghargai
pendapat minoritas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar