URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini merupakan cara untuk membantu
siswa agar tetap fokus dan jeli selama berlangsungnya pengajaran berbasis
ceramah. Tim pendengar merupakan kelompok-kelompok kecil yang bertanggung jawab
untuk mengklarifikasi materi pelajaran.
PROSEDUR
1.
Bagilah
siswa menjadi empat tim, dan berikan tim-tim tersebut tugas berikut:
Tim Peran Tugas
1 Penanya Setelah pengajaran berbasis-ceramah, ajukan
setidaknya dua pertanyaan tentang materi
yang dibahas.
2 Penyetuju Setelah pengajaran berbasis-ceramah,
katakan hal-hal mana yang mereka setujui (atau
dirasa membantu) dan jelaskan alasannya.
3 Pembantah Setelah pengajaran
berbasis-ceramah, beri
komentar tentang hal mana yang tidak mereka
setujui (atau tidak banyak membantu) dan jelaskan
alasanny
1. Pemberi
contoh Setelah pengajaran
berbasis-ceramah, berilah contoh dan materi atau
pelajaran penerapan kusus.
2.
Sajikan
pengajaran berbasis ceramah anda. Setelah selesai, berikan waktu bagi tim untuk
menyelesaikan - tugasnya.
3.
Perintahkan
tiap tim untuk menanyakan. menyetujui dan sebagainya. Anda mesti mendapatkan
lebih banyak partisipasi siswa ketimbang yang anda bayangkan.
VARIASI
1.
Buatlah
peran lain. Sebagai contoh. perintahkan sebuah tim untuk mengikhtisarkan
pengajaran “berbasis-ceramah”. atau mintalah sebuah tim untuk membuat
pertanyaan yang menguji pemahaman siswa tentang materi pelajaran.
2.
Ajukan
pertanyaan-pertanyaannya terlebih dahulu, yang mana jawabannya akan ditemukan
dalam penyajian materi pelajaran. Perintahkan siswa untuk mendengarkan dengan
cermat guna mendapatkan jawabannya. Tim yang dapat menjawab sebagian besar
pertanyaan akan menang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar