URAIAN SINGKAT
Pelajaran bisa menjadi tidak menjemukan dan
siswa akan leblh menaruh perhatian jika anda menjadikannya dalam bentuk
permainan bingo. Di sini, poin utamanya didiskusikan sewaktu siswa bermain
bingo.
PROSEDUR
1.
Lakukan
penyajian materi pelajaran berbasis-ceramah dengan 9 poin utama.
2.
Susunlah
kartu Bingo yang berisi poin-poin ini dalam 3X3 tumpukan. Tempatkan satu poin
yang berbeda pada tiap kotak. Jika anda memiliki kurang dari 9 poin utama,
kosongkanlah beberapa kotak.
3.
Buatlah
beberapa kartu Bingo tambahan dengan poin utama yang sama. namun tempatkan
poin-poin itu dalam kotak yang berbeda. Hasilnya ialah bahwa hanya sedikit
sekali kartu Bingo yang serupa.
4.
Bagikan
kartu Bingo kepada siswa. Juga sediakan siswa dengan satu strip kartu yang
terdiri dari 9 titik wama (berdiameter sekitar setengah atau tiga perempat
inci). Jelaskan kepada siswa bahwa ketika anda tengah menyajikan materi dari
poin ke poin, mereka harus menempatkan satu titik pada kartu mereka untuk tiap
poin yang anda bahas. (Catatan:
Kotak yang kosong tidak dapat ditutup dengan satu titik.).
5.
Ketika
siswa mengumpulkan tiga titik vertikal, horizontal, atau diagonal secara
berturut-turut, mereka akan berteriak "Bingo!"
6.
Selesalkanlah
penyajian materi pelajaran anda. Biarkan siswa mendapatkan
Bingo sebanyak yang mereka bisa.
VARIASI
1.
Gunakan
istilah atau nama-nama utama yang dijelas-kan dalam penyajian materi anda
(sebagai ganti poin utama) sebagai dasar permainan kartu Bingo. Ketika istilah
atau nama tersebut untuk pertama kallnya dijelaskan, siswa dapat menempatkan
stiker pada kotak yang sesuai.
2.
Buatlah
tumpukan kartu Bingo berukuran 2X2. Lanjutkan dengan membahas beberapa poin. istilah
atau nama-nama utama dalam pelajaran berbasis-ceramah anda. Tunjukan hanya
empat di antaranya pada salah satu kartu Bingo. Cobalah untuk membuat beberapa
kartu menjadi serupa dengan menyertakan informasi yang berbeda pada tiap kartu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar