URAIAN SINGKAT
Ini merupakan cara menarik untuk menilai
kelas anda secara langsung dan pada saat bersamaan, melibatkan siswa dari awal
untuk mengenal satu sama lain dan bekerjasama.
PROSEDUR
1.
Susunlah tiga atau empat
pertanyaan untuk mernpelajari seperti apa siswa anda. Anda dapat menyertakan
pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal berikut ini:
·
Pengetahuan mereka
tentang materi pelajaran
·
Sikap mereka terhadap
materi pelajaran
·
Pengalaman-pengalaman
siswa yang relevan dengan materi pelajaran".
·
Keterampilan yang telah
mereka dapatkan.
·
Latarbelakang mereka
·
Apa yang mereka butuhkan
atau harapkan dari mata pelajaran ini.
Tulislah pertanyaan-pertanyaannya agar bisa didapatkan jawaban
yang konkret. Hindari pertanyaan yang terbuka. Misalnya. tanyakan:
"Berapakah dari____ yang berikut ini yang kalian ketahui?" Bukannya
pertanyaan "Apa yang kalian ketahui tentang___?"
2.
Bagilah siswa menjadi
kelompok tiga orang (trio) atau empat orang (kuartet) (tergantung Jumlah
pertanyaan yang telah anda buat, Beri setiap siswa satu dari masing-masing
pertanyaan penilaian. Mintalah dia untuk mewawancarai siswa lain dalani
kelompok dan dapatkan (serta catat) jawaban atas pertanyaan yang diberikan
kepadanya.
3.
Kumpulkan kembali siswa
dalam sub-sub kelompok yang telah diberi pertanyaan yang sama. Sebagai contoh. Jika
terdapat 18 siswa, buatlah menjadi kelompok-kelompok tiga orang. 6 dari mereka
akan mendapatkan pertanyaan yang sama.
4.
Perintahkan tiap sub
kelompok untuk menyatukan data mereka dan mengikhtisarkannya. Kemudian
perintahkan tiap sub kelompok untuk melaporkan kepada seluruh siswa apa yang
telah mereka pelajari satu sama lain.
VARIASI
1.
Perintahkan
siswa untuk menyusun pertanyaan mereka sendiri.
2.
Dengan
mengguhakan pertanyaan yang sama. pasangkan siswa dan perintahkan mereka untuk
mewawancarai satu sama lain. (Variasi ini cocok bila anda
menangani kelas dengan jumlah siswa yang besar.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar