URAIAN
SINGKAT
Metoda ini merupakan perubahan langkah yang
sesungguhnya. Metoda ini memungkinkan para siswa yang memiliki pengalaman
berbeda dalam mempelajari materi yang sama untuk saling membandingkan catatan.
PROSEDUR
1.
Bagilah
kelas menjadi dua kelompok.
2.
Kirimkan
satu kelompok ke ruang lain untuk membaca topik yang anda ajarkan. Pastikan bahwa materi bacaannya tertata dengan balk dan mudah dibaca.
3.
Dalam
pada itu, berikanlah pelajaran berbasis ceramah atau lisan tentang materi yang
sama dengan yang sedang dibaca oleh kelompok yang ada di ruang sebelah.
4.
Selanjutnya,
baliklah pengalaman belajarnya. Sediakan materi bacaan tentang topik anda untuk
kelompok yang telah mendengarkan penyajian mata pelajaran dan sediakan materi
pelajaran untuk kelompok pembaca.
5.
Pasangkan
anggota dan tiap kelompok dan perintahkan mereka mengikhtisarkan apa yang telah
mereka pelajari.
VARIASI
1.
Perintahkan setengah dari
siswa untuk mendengarkan penyajian materi pelajaran dengan mata tertutup
sedangkan setengah siswa yang lain melhat informasi visual semisal melalui OHP
yang menyertai penyajian materi pelajaran dengan telinga tertutup. Setelah
penyajian materi pelajaran secara lisan tersebut usai, perintahkan tiap
kelompok untuk membandingkan catatan tentang apa yang mereka lihat dan dengar.
2.
Berikan contoh konkret
tentang konsep atau teori yang hendak anda ajarkan kepada setengah dari jumlah
siswa. Jangan katakan kepada mereka tentang konsep atau teori yang mereka
gambarkan. Sajikan kepada setengah kelas konsep atau
teori itu tanpa disertai contoh. Pasangkan siswa dari kedua kelompok dan
perintahkan mereka untuk membahas pelajaran secara bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar