URAIAN SINGKAT
Dalam tehnik yang populer ini, anda menyediakan
formulir atau lembar yang telah dipersiapkan. Lembar ini menginstruksikan siswa
untuk membuat catatan sewaktu anda mengajar. Gerak fisik yang minimal seperti
ini pun akan lebih melibatkan siswa ketimbang jika kita sekadar menyediakan
buku pegangan yang lengkap. Ada bermacam metoda untuk membuat catatan secara
terarah. Yang paling sederhana di antaranya adalah mengisi bagian-bagian yang
kosong.
PROSEDUR
1.
Siapkan sebuah catatan
yang mengikhtisarkan hal-hal utama pada penyajian materi pelajaran anda.
2.
Sebagai ganti menyediakan
teks secara lengkap, kosongkan bagian-bagian di dalamnya, dan untuk selanjutnya
diisi oleh siswa.
3.
Beberapa cara dalam
melakukannya antara lain:
·
Sediakan
sejumlah istilah dan definisinya, bIarkan istilah atau definisinya kosong. ________: merupakan bentuk segilima, Oktagon:
________
·
Kosongkan
satu atau beberapa poin.
Peran
Majelis Perwakilan Roma
a. Menerapkan.
undang-undang dan ketetapan yang dibuat oleh konsul
b. ________________________
c. Menerima
duta besar luar negeri.
d. ________________________
·
Kosongkan
kata-kata kunci dalam paragraf pendek.
Di masa kini, manajer seringkali menghadapi
permasalahan semisal rendahnya ________, tingginya________, dan________
kualitas pelayanan. Solusi manajemen tradisional seringkali cenderung seperti________
________, untuk menghasilkan________ persoalan baru untuk satu persoalan yang
sudah dipecahkan.
4.
Bagikan
lembar kerja kepada siswa. Jelaskan bahwa anda memang sengaja mengosongkan
beberapa bagian kalimat untuk membantu mereka mendengarkan secara aktif terhadap
apa yang anda ajarkan.
VARIASI
1.
Siapkan
lembar kerja yang memuat sub-sub topik utama dari materi yang anda ajarkan.
Kosongkan sejumlah bagian kalimat untuk membantu pembuatan catatan. Hasilnya
akan tampak seperti ini:
Empat
Jenis Masyarakat yang Tidak Adil Menurut Socrates
Timokrasi:
Oligarki:
Demokrasi:
Tirani:
[Opsionol:
Setelah pemberian pelajaran, beri siswa salinan kedua dari lembar catatan yang
beberapa bagiannya dikosongkan. Tugaskan mereka untuk mengisi bagian yang
kosong itu tanpa melihat catatan.]
2.
Buatlah
penyajian materi pelajaran anda menjadi beberapa bagian. Perintahkan siswa
untuk mendengarkan dengan cermat sewaktu anda berbicara, namun jangan membuat
catatan. Sebagai gantinya, perintahkan mereka untuk menulis catatan selama jeda
waktu dalam penyajian materi pelajaran berbasis-ceramah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar