URAIAN SINGKAT
Ini merupakan cara
yang tidak membuat siswa takut untuk mempelajari apa yang mereka dibutuhkan dan
diharapkan. Cara ini memanfaatkan tehnik yang mengundang partisipasi melalui
penulisan, bukannya pembicaraan.
PROSEDUR
1.
Berikan kartu indeks kosong kepada tiap siswa.
2.
Perintahkan tiap siswa untuk menuliskan pertanyaan yang mereka miliki
tentang materi pelajaran atau sifat dari pelajaran yang mereka ikuti (nama
tidak. perlu dicantumkan). Sebagai contoh, seorang siswa dapat bertanya:
"Bagaimana perbedaan Aljabar II dengan Aljabar I? Atau "Apakah pada
akhir dari pelajaran ini siswa diwajibkan membuat karya tulis?"
3.
Bagikan kartu tersebut ke seluruh kelompok searah jarum jam.
Ketika masing-masing kartu dibagikan kepada siswa berikutnya. dia harus
membacanya dan memberi tanda centang pada kartu itu jika berisi pertanyaan
yang merupakan persoalan yang dihadapi siswa yang membacanya
4.
Ketika semua kartu siswa kembali kepada pemiliknya, tiap siswa
harus meninjau semua "pertanyaan" kelompok. Sampai di sini, kenali
pertanyaan yang menerima banyak suara (tanda centang). Berikan jawaban kepada
masing-masing pertanyaan ini dengan (a) memberlkan jawaban yang langsung dan
singkat; (b) menunda pertanyaan hingga waktu yang lebih tepat; atau (c)
mengemukakan bahwa untuk saat ini anda belum mampu menjawab pertanyaan atau
persoalan ini (janjikan jawaban secara pribadi, jika memungkinkan).
5.
Perintahkan siswa untuk berbagi pertanyaan mereka secara sukarela.
sekalipun pertanyaan mereka itu tidak mendapatkan suara (tanda centang) paling
banyak.
6.
Kumpulkan semua kartu. Kartu-kartu itu mungkin berisi pertanyaan
yang dapat anda jawab pada pelajaran atau pertemuan mendatang.
VARIASI
1.
Jika kelas terlalu besar
hingga waktunya tidak cukup untuk membagikan kartu ke seluruh kelompok. bagilah
kelas menjadi sub-sub kelompok dan ikuti instruksi yang sama. Atau. kumpulkan
saja kartu-kartu tersebut tanpa mengharuskan mereka mengedarkannya ke seluruh
kelas dan merespon pada satu sampel pertanyaan.
2.
Sebagai alternatif dari
pengajuan pertanyaan pada kartu indeks, perintahkan siswa untuk menuliskan
harapan dan/atau keprihatinan mereka tentang mata pelajaran ini, topik yang
mereka harapkan akan dibahas oleh anda. atau aturan dasar untuk pertisipasi
kelas yang mesti mereka dipatuhi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar