URAIAN SINGKAT
Ini merupakan cara bagus untuk
mengenalkan siswa kepada materi pelajaran yang anda ajarkan. Anda juga dapat
menggunakannya untuk menilaiungkat pengetahuan siswa sembari melakukan kegiatan
pembentukan tim. Cara ini cocok pada segala ukuran kelas dan
dengan niateri pelajaran apapun.
PROSEDUR
1.
Sediakan
daftar pertanyaan yang terkait dengan materi pelajaran yang akan anda ajarkan.
Anda dapat menyertakan beberapa atau semua dari kategori-kategori berikut ini:
·
Kata-kata
untuk didefinisikan (misalnya. "Apa arti arnblvalen”?)
·
Pertanyaan
pilihan ganda mengenal fakta atau konsep (misalnya. “Tes psikologi baru absah
jlka ia (a) secara konsisten mengukur atribut dan (b) mengukur apa yang memang
hendak ia ukur.")
·
Orang
yang hendak diidentifikasi (misalnya, "Siapakah George Washington
Carver?")
·
Pertanyaan-pertanyaan
tentang tindakan yang bisa • diambil oleh seseorang dalam situasi tertentu
(misalnya, "Bagaimana anda mendaftarkan diri untuk mendapatkan hak
pilih?").
·
Kailmat
tidak lengkap (misalnya, "_____ mengidentifikasi kategori dasar dari tugas
yang dapat kailan kerjakan menggunakan:program computer”
Sebagai contoh, seorang guru sejarah dapat
mernulai pengajarannya tentang abad ke-20 dengari membagikan kuis berikut ini:
a.
Apa
yang terjadi dalam tahun-tahun berikut ini: 1928, 1945, 1965, 1998.?
b.
Kenali nama-nama berikut
ini:
Mussolini
Chamberlain
Trotsky
Mao
McCarthy (Joseph dan Eugene )
c.
Menurut pendapat kalian,
peristiwa terpenting apakah yang
terjadi dalam abad ke-20?
2.
Perintahkan siswa untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sebaik yang mereka bisa.
3.
Kemudian perintahkan
mereka untuk menyebar di dalam ruangan, mencari siswa yang dapat menjawab
pertanyaan yang mereka sendiri tidak tahu cara menjawabnya. Doronglah siswa
untuk saling membantu.
4.
Perintahkan mereka untuk
kembali ke tempat semula dan bahaslah jawaban yang mereka dapatkan. Isilah
jawaban yang tak satupun siswa bisa menjawabnya. Gunakan informasi ini sebagai
cara untuk memperkenalkan topik-topik penting dalam mata pelajaran anda.
VARlASI
1.
Berikan
satu lembar kartu indeks kepada tiap siswa. Perintahkan mereka untuk menuliskan
satu informasi yang menurut mereka akurat tentang materi yang diajarkan.
Suruhlah mereka untuk berpencar di dalam kelas, berbagi pendapat tentang apa
yang mereka tuliskan pada kartu tersebut. Doronglah mereka untuk menuilskan
informasi baru yang dikumpulkan oleh siswa lain. Bila mereka, sudah kembali ke
kelompok masing-masing, bahaslah informasi yang berhasil dikumpulkan.
2.
Gunakan pertanyaan opini,
bukannya pertanyaan faktual. atau gabungkan pertanyaan faktual dengan pertanyaan
opini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar