URAIAN SINGKAT
Ini merupakan strategi yang menyenangkan dan tidak mengancam untuk
mengetahui siswa anda. Anda bisa menggunakannya untuk menilai "secara
instan" latar-belakang. pengalaman, sikap, harapan dan kepedulian siswa.
PROSEDUR
1.
Buatlah
sekumpulan kartu "responder" untuk tiap siswa. Kartu-kartu ini bisa
berisi huruf A, B, atau C untuk pertanyaan pilihan ganda, B atau S untuk
pertanyaan benar-salah, atau penilaian angka semisal 1 sampal 5. (Jika
pembuatan kartu dirasa terlalu menyita waktu, perintahkan siswa untuk membuat
kartu sendiri di tempat masing-masing).
2.
Susunlah
sekumpulan peryataan yang kira-kira bisa dijawab oleh siswa dengan salah satu
kartu mereka. Berikut adalah contoh untuk tiap tipe kartu responder yang
dijelaskan tadi
·
Saya mengambil pelajaran
ini karena
a.
Diharuskan.
b.
Sangat tertarik dengan pelajaran ini
c.
Sepertinya mudah.
·
Saya
khawatir kalau-kalau akan kesulitan mengikuti pelajaran ini. Benar atau salah?
·
Saya yakin bahwa
pelajaran ini akan bermanfat bagi saya di masa depan.
1________2________3________4________5
Sangat tidak Sangat
Setuju Setuju
Anda dapat membuat pernyataan-pernyataan serupa tentang
pengetahuan, sikap, dan pengalaman siswa.
3.
Bacalah peryataan pertama
dan perintahkan siswa untuk menjawab dengan memegang kartu pilihan mereka.
4.
Nilailah
dengan cepat tanggapan siswa. Perintahkan sejumlah siswa
untuk mendiskusikan alasan pilihan mereka.
5.
Lanjutkan dengan pernyataan-pernyataan
yang tersisa.
VARIASI
1.
Sebagai
ganti penggunaan kartu. perintahkan siswa untuk berdiri ketika pilihan mereka
diumumkan.
2.
Gunakan
sistem tunjuk jari, namun tambahkan unsur yang menarik dengan meminta siswa
untuk mengangkat kedua tangan bila mereka sangat setuju dengan sebuah jawaban.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar