URAIAN SINGKAT
Ini merupakan cara terperinci bagi siswa untuk mendiskusikan
permasalahan dengan sebagian (dan biasanya memang tidak semua) teman sekelas
mereka. Pertukaran pendapat ini bisa dengan mudah
diarahkan kepada materi yang akan diajarkan di kelas.
PROSEDUR
1.
Susunlah beragam
pertanyaan yang dapat membantu siswa memulai diskusi tentang isi materi
pelajaran. Gunakan pertanyaan yang tidak memiliki jawaban benar-salah.
Sebagai contoh, seorang guru Bahasa Inggris boleh jadi akan
bertanya:
·
Apa.
yang kalan sukai tentang drama
Shakespeare? Kalau, kalian tidak
menyukainya, kenapa?
·
Mengapa.
Shakespeare dianggap sebagai salah. satu. dramawan terbesar sepanjang waktu?
·
Pilih
salah satu dan drarnawan atau sineas abad ke-19 atau ke-20. Bagaimana kalian
membandingkannya dengan Shakespeare?
2.
Bagilah siswa menjadi
kelompok tiga orang (trio). Aturlah kelompok trio tersebut di dalam ruang kelas
agar masing-masing bisa melihat dengan jelas trio yang di sisi kanan dan di
sisi kirinya, Formasi kelompok-kelompok trio itu secara keseluruhan bisa
berbentuk bundar atau persegi.
3.
Berikan tiap trio sebuah
pertanyaan pembuka (pertanyaan yang sama untuk masing-masing trio) untuk
dibahas. Pilihlah pertanyaan yang paling ringan yang telah anda susun untuk memulai
pertukaran pendapat kelornpok-kelompok trio itu, Anjurkan agar tiap siswa di
dalam kelompok mendapat giliran menjawab pertanyaan.
4.
Setelah diskusi berjalan
dalam waktu yang cukup, perintahkan masing masing kelompok untuk memberikan
angka 0,1. atau 2 kepada tiap-tiap anggotanya. Arahkan siswa yang benomor 1
untuk berpindah ke kelompok trio satu searah jarum jam. Perintahkan siswa yang
bernomor 2 untuk berpindah ke kelompok trio dua searah jarum jam. Perintahkan siswa
yang bemomor 0 (nol) untuk tetap di ternpat duduknya karena ia adalah anggota
tetap dan kelompok trio mereka. Suruh mereka mengangkat tangan tinggi-tinggi sehingga siswa yang telah berpindah bisa menemukan
mereka. Hasilnya adalah komposisi kelompok trio yang sepenuhnya baru.
5.
Mulailah
pertukaran pendapat baru dengan pertanyaan baru. Naikkan tingkat kesulitan
atau "tingkat ancaman" dari pertanyaan manakala anda memulai babak
baru.
6.
Anda bisa merotasi
trio-trio itu sebanyak pertanyaan yang anda miliki dan waktu diskusi yang
tersedia. Gunakan selalu prosedur rotasi yang sama. Sebagai contoh, pada
pertukaran trio sebanyak tiga rotasi, tiap siswa akan bertemu dengan enam siswa
yang lain.
VARIASI
1.
Setelah masing-masing babak pertanyaan. Segeralah meminta
jawaban dari seluruh kelompok sebelum merotasi siswa ke kelompok trio baru.
2.
Gunakan
pasangan atau kuartet sebagai alternatif dari trio.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar