URAIAN SINGKAT
Ini merupakan metoda jajak pendapat yang
memungkinkan siswa untuk menetapkan aturan bagi perilaku mereka sendiri. Bila
siswa merupakan bagian dari proses pernbentukan tim ini, mereka lebih cenderung
mendukung norma atau aturan yang mereka tetapkan.
PROSEDUR
1.
Tunjuk beberapa siswa
untuk bertugas sebagai pewawancara (sesuai dengan jumlah siswa di kelas).
2.
Dalam waktu 10 hingga 15
menit. perintahkan pewawancara itu untuk berkeliling dalam kelas, melakukan
kontak dengan sebanyak mungkin sampel siswa dalam waktu yang tersedia.
Perintahkan mereka untuk mengajukan pertanyaan berikut ini kepada anggota
kelas: "Perilaku apakah yang menurut kamu membantu atau tidak membantu
yang kamu jumpai di kelas ini?" (Sediakan sejumlah contoh jawaban untuk
mengarahkan jawaban yang dikehendaki.).
3.
Pada akhir dari waktu
yang disediakan, perintahkan pewawancara untuk melaporkan temuan mereka kembali
kepada kelas. (Jika dikehendaki, cantumkan temuan-temuan itu pada papan tulis.)
4.
Untuk mendapatkan
gambaran tentang aturan dasar perilaku yang dikehendaki oleh kelompok, biasanya
cukup dengan hanya mendengar ungkapan-ungkapan yang terkumpul dari siswa. Namun
demikian, bukan tidak mungkin untuk menganalisa temuan-temuan itu, mencari tahu
ada tidaknya ketumpang-tindihan dan kemudian menggabungkan daftar-daftar itu.
VARIASI
1.
Sediakan
daftar yang berisi beberapa kemungkinan aturan dasar. Perintahkan siswa untuk
memilih tiga aturan yang ada dalam daftar. Butir-butir berikut ini
boleh jadi cocok untuk daftar anda:
·
Menghormati kerahasiaan
·
Semua siswa
berpartisipasi ketika bekerja dalam kelompok atau tim kecil.
·
Mematuhi waktu dimulainya
pelajaran.
·
Memaharni
perbedaan orang lain dari diri kita.
·
Memberi
kesempatan siswa lain menyelesaikan apa yang mereka bicarakan tanpa menginterupsinya.
·
Tidak merendahkan atau mencemooh.
·
Bicaralah untuk diri
sendiri, bukannya mengung-kapkan pendapat orang lain.
·
Berbicara singkat dan
langsung ke pokok persoalan.
·
Gunakan
bahasa yang peka terhadap gender.
·
Bersiap mengikuti
pelajaran.
·
Jangan
duduk di kursi yang sama selama berlangsungnya pelajaran.
·
Menghargai perbedaan
pendapat.
·
Memberi
semua siswa kesempatan untuk bicara.
·
Saling
memahami pendapat sebelum melancarkan kritik.
2.
Perintahkan
kepada seluruh siswa untuk merumuskan aturan dasar partisipasi mereka. Kemudian
gunakan prosedur yang disebut mutivoting untuk sampal pada daftar akhlr.
Mulitvoting merupakan metoda untuk mengurangi daftar butir hingga setengahnya.
Setiap siswa mengusulkan sebanyak mungkin butir sesuai yang ia inginkan;
setengah dari butir-butir yang paling banyak dipilih akan tetap berada dalam
daftar. (Prosedur ini bisa diulang sesering yang dikehendaki; setiap
pilihan akan mengurangi daftar hingga setengahnya.).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar