URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini menawarkan pendekatan baru
untuk membantu siswa mempelajari materi kognltif. Dengan menerapkan tayangan
permainan lama dl televisi, siswa berkesempatan untuk membahas materi yang baru
saja diajarkan dan menguji satu sama lain untuk memperkuat ingatan akan
pelajaran anda.
PROSEDUR
1.
Bagilah
siswa menjadi dua tim atau leblh.
2.
Tulislah
salah satu dari yang berikut ini pada slip kertas yang berbeda:
·
Saya:
(beri nama orang) misal. Saya Karl Marx
·
Saya:
(beri nama kejadian) misal. Saya "gerhana bulan."
·
Saya:
(beri nama teori) misal, Saya
"Darwinisme."
·
Saya:
(beri nama konsep) misal, Saya "inflasi."
·
Saya:
(beri nama keahlian) misal, Saya "manuverHeimlich
·
Saya:
(beri nama kutipan) misal, Saya
"ada atau tiada"
·
Saya:
(beri nama rumus) misal, Saya adalah e=mc2”.
3.
Masukkan
slip kertas ke dalam sebuah kotak, dan perintahkan tiap tim untuk memilih satu
slip. Slip yang dipilh menunjukkan identitas dari tamu misteri.
4.
Berikan
tim waktu lima menit kepada tim untuk mengerjakan tugas berikut:
·
Memilih
anggota tim untuk menjadi "tamu misteri."
·
Persiapkan
pertanyaan yang akan di ajukan dan pikirkan cara menjawabnya.
5.
Pilihlah
tim yang akan menghadirkan tamu misteri pertama.
6.
Buatlah
panel siswa dari tim lain (dengan metoda apapun yang anda pilih).
7.
Mulailah
permainan. Perintahkan tamu misteri untuk mengemukakan kategorinya (orang,
kejadian, dll). Para panelis mengambil giliran mengajukan pertanyaan ya- atau
-tidak tentang tamu misteri hingga salah satu panelis dapat mengenali si tamu
misterius itu.
8.
Perintahkan
tim yang lain untuk menghadirkan tamu misteri mereka. Buatlah panel baru untuk
tiap tamu misteri.
VARIASI
1.
Beri
kesempatan tamu misteri untuk berkonsultasi dengan rekan satu timnya jika dia
tidak yakin dengan cara menjawab pertanyaan yang diajukan oleh panelis.
2.
Guru
dapat menetapkan bagaimana si tamu misteri harus berakting. Sebagai contoh,
seorang tamu misteri bisa memperagakan seolah-olah ia adalah orang terkenal
yang sedang menjadi bahan pembicaraan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar