URAIAN SINGKAT
Seringkali, kegiatan belajar aktif akan menjadi lebih bergairah
dengan menciptakan tim-tim belajar jangka panjang yang bisa belajar bersama,
mengerjakan proyek, dan terlibat dalam kegiatan belajar bersama lainnya. Bila
ini termasuk dalam rencana anda, ada baiknya melakukan semacam kegiatan
pembentukan tim awal untuk memastikan awal yang baik. Memang banyak kegiatan
pembentukan tim yang bisa menjadi bahan pertimbangan, namun yang berikut ini merupakan
kegiatan favorit.
PROSEDUR
1.
Sediakan setumpuk kartu
indeks kepada tiap tim (akan lebih baik jika memiliki ukuran berbeda dalam
masing-masing tumpukan).
2.
Tantanglah masing-masing
tim untuk menjadi kelompok yang seefektif mungkin dengan membentuk model tiga
dimensi "Benteng Pertahanan" hanya dari kartu indeks. Melipat dan
merobek kartu diperbolehkan, namun tidak boleh ada tambahan pasokan lain untuk
melengkapi bangunan itu. Doronglah tim untuk merencanakan penarikan mundur
mereka sebelum mulai rnembangunnya. Sediakan spidol agar tim bisa menggambari
kartu dan menghiasi bentengnya bila mereka pandang cocok.
3.
Berikan waktu minimal 15
menit untuk menyelesalkannya. Jangan mendesak atau membuat siswa terburu-buru.
Penting bagi tim untuk merasakan pengalaman keberhasilan.
4.
Bila bangunan itu sudah
jadi. perintahkan siswa untuk melakukan tur penarikan mundur melalui benteng.
Kunjungi tiap benteng dan perintahkan agar anggota tim menunjukkan karya mereka
dan menjelaskan seluk-beluk bangunan yang mereka buat. Berikan tepuk tangan
atas apa yang dicapal oleh tiap tim. Jangan membuat kondisi yang menyebabkan
siswa saling Bersaing menbandingkan karya masing-masing.
VARIASI
1.
Sebagai alternatif,
perintahkan tim untuk membangun mouumen tim. Desaklah mereka untuk membuat
monumen yang kokoh, tinggi. dan menyenangkan secara estetika.
2. Suruh tim untuk berkumpul
kembali dan mintalah mereka untuk memikirkan kembali pengalaman tersebut dengan
menjawab pertanyaan mi: Tindakan-tindakan apa sajakah yang agak membantu dan
kurang membantn yang kita lakukan sebagai tim dan sebagai individu ketika
bekerjasama?
boleh dijelaskan cara kerjanya seperti apa
BalasHapus