URAIAN SINGKAT
Pada mata pelajaran yang bekelanjutan ada baiknya meluangkan waktu
untuk menghubungkan atau mengingatkan kembali siswa setelah lewat beberapa
waktu dari pelajaran yang pernah diajarkan. Aktivitas ini mempertimbangkan
sejumlah cara untuk melakukannya.
PROSEDUR
1.
Sambut kembali kedatangan
siswa ke dalam kelas. Jelaskan apa yang menurut anda berharga untuk meluangkan
beberapa menit guna mengakrabkan kembali sebelum memulai pelajaran hari ini.
2.
Ajukan
satu atau beberapa pertanyaan berikut ini kepada siswa:
·
Apa
yang kalian ingat tentang pelajaran kita yang lalu? Apa yang menarik menurut
kalian?
·
Pernahkah
kalian membaca/memikirkan/mengerjakan sesuatu yang distimulasi oleh pelajaran
kita yang lalu?
·
Pengalaman
menarik apakah yang kalian dapatkan selama mengikuti mata pelajaran ini?
·
Apa
yang ada di pikiran kalian sekarang (misalnya, kecemasan) yang dapat mengganggu
kemampuan kalian dalam memberikan perhatian penuh terhadap pelajaran hari ini?
·
Bagaimana perasaan kalian harl in? (bisa juga
disisipi canda semisal "Saya merasa seperti buah pisang yang kelewat
matang.")
·
(Buatlah
pertanyaan anda sendlri.)
3.
Mintakan
jawabannya dengan menggunakan salah satu format, misalnya sub kelompok atau
memanggil pembicara berikutnya. (Lihat
"Sepuluh Metoda Untuk Mendapatkan Partisipasi Kapan Saja" pada
halaman 22.)
4.
Beralihlah
ke topik pelajaran hari ini secara perlahan.
VARIASI
1.
Lakukan wawancara tentang pelajaran yang laju.
2.
Ajukan dua pertanyaan. konsep. atau beberapa informasi
yang tercakup dalam pelajaran yang lalu. Perintahkan siswa untuk memilih mana
yang paling mereka suka untuk ditinjau kembali dalam kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar