Minggu, 08 Desember 2013

Mengakrabkan kembali


URAIAN SINGKAT
Pada mata pelajaran yang bekelanjutan ada baiknya meluangkan waktu untuk menghubungkan atau mengingatkan kembali siswa setelah lewat beberapa waktu dari pelajaran yang pernah diajarkan. Aktivitas ini mempertimbangkan sejumlah cara untuk melakukannya.


PROSEDUR
1.      Sambut kembali kedatangan siswa ke dalam kelas. Jelaskan apa yang menurut anda berharga untuk meluangkan beberapa menit guna mengakrabkan kembali sebelum memulai pelajaran hari ini.
2.      Ajukan satu atau beberapa pertanyaan berikut ini kepada siswa:
·         Apa yang kalian ingat tentang pelajaran kita yang lalu? Apa yang menarik menurut kalian?
·         Pernahkah kalian membaca/memikirkan/mengerjakan sesuatu yang distimulasi oleh pelajaran kita yang lalu?
·         Pengalaman menarik apakah yang kalian dapatkan selama mengikuti mata pelajaran ini?
·         Apa yang ada di pikiran kalian sekarang (misalnya, kecemasan) yang dapat mengganggu kemampuan kalian dalam memberikan perhatian penuh terhadap pelajaran hari ini?
·         Bagaimana perasaan kalian harl in? (bisa juga disisipi canda semisal "Saya merasa seperti buah pisang yang kelewat matang.")
·         (Buatlah pertanyaan anda sendlri.) 
3.      Mintakan jawabannya dengan menggunakan salah satu format, misalnya sub kelompok atau memanggil pembicara berikutnya. (Lihat "Sepuluh Metoda Untuk Mendapatkan Partisipasi Kapan Saja" pada halaman 22.)
4.      Beralihlah ke topik pelajaran hari ini secara perlahan.

VARIASI
1.      Lakukan wawancara tentang pelajaran yang laju.
2.      Ajukan dua pertanyaan. konsep. atau beberapa informasi yang tercakup dalam pelajaran yang lalu. Perintahkan siswa untuk memilih mana yang paling mereka suka untuk ditinjau kembali dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar