URAIAN SINGKAT
Kegiatan ini bisa digunakan untuk
menstimulasi keterlibatan siswa dalam pelajaran yang akan anda sampaikan. Kegiatan ini juga mengingatkan siswa
untuk mendengarkan secara cermat dan membuka diri terhadap bermacam pendapat.
PROSEDUR
1.
Berikan
label nama kepada tiap siswa. Perintahkan siswa untuk menuliskan nama mereka
pada label dan mengenakannya.
2.
Perintahkan
siswa untuk berpasangan dan memperkenalkan diri kepada siswa lain. Kemudian
perintahkan pasangan-pasangan tersebut untuk berbagi pendapat tentang jawaban
atas pertanyaan atau pernyataan provokatif yang memancing opini mereka tentang
persoalan seputar materi yang anda ajarkan.
·
Contoh
pertanyaannya adalah: "Apa batasan bagi imigrasi asing?"
·
Contoh
pernyataannya adalah: "Injil merupakan kitab suci."
3.
Ucapkan,
"kerjakan sekarang", dan arahkan siswa untuk bertukar label nama atau
tanda pengenal mereka dengan pasangannya dan kemudian menemui siswa lain. Perintahkan siswa, bukannya untuk memperkenalkan diri.
melainkan berbagi pendapat dari siswa yang merupakan pasangan sebelumnya (yakni
siswa yang label/tanda pengenalnya ia kenakan sekarang.)
4.
Selanjutnya,
perintahkan siswa untuk berganti label nama lagi dan mencari siswa lain
untuk diajak bicara," dan berbagi pendapat dari siswa yang tanda pengenalnya
la kenakan sekarang.
5.
Lanjutkan
proses itu hingga sebagian besar siswa telah saling bertemu. Kemudian katakan
kepada tiap siswa untuk mendapatkan kembali label namanya sendiri.
VARIASI
1.
Gunakan proses pertukaran
label nama ini sebagai pengantar pergaulan dengan menginstruksikan siswa untuk
bertukar informasi latarbelakang mereka sendiri, sebagai ganti pertukaran
pendapat tentang pertanyaan atau pernyataan provokatif.
2.
Hilangkan pertukaran
label nama. Sebagai gantinya, perintahkan siswa untuk terus menemukan siswa
lain, dan mendengarkan selalu pertanyaan atau pernyataan yang anda berikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar