URAIAN SINGKAT
Dalam tehnik ini, guru mengajukan satu atau
beberapa pertanyaan untuk melacak pengetahuan siswa atau mendapatkan hipotesis
atau simpulan mereka dan kemudian memilah-milahnya menjadi sejumlah kategori.
Metoda pengajaran terarah merupakan seilngan yang mengasyikkan dl sela-sela
cara pengajaran biasa. Cara ini memungkinkan anda untuk mengetahui apa yang
telah diketahui dan dipahami oleh siswa sebelum memaparkan apa yang anda
ajarkan. Metoda ini sangat berguna dalam mengajarkan konsep-konsep abstrak.
PROSEDUR
1.
Ajukan pertanyaan atau
serangkaian pertanyaan yang menjajaki pemikiran siswa dan pengetahuan yang
mereka miliki. Gunakan pertanyaan yang memiliki beberapa kemungkinan jawaban,
semisal "Bagalmana kamu menjelaskan seberapa cerdasnya seseorang?”
2.
Berikan waktu yang cukup
kepada bagi siswa dalam pasangan atau kelompok untuk membahas jawaban mereka.
3.
Perintahkan
siswa untuk kembali ke tempat masing-masing dan catatlah pendapat mereka. Jika
memungkinkan, seleksilah jawaban mereka menjadi beberapa kategori terpisah yang
terkait dengan kategori atau konsep yang berbeda semisal "kemampuan
membuat mesin pada kategori kecerdasan. kinestetika-tubuh.
4.
Sajikan
poin-poin pembelajaran utama yang ingin anda ajarkan. Perintahkan siswa untuk
menjelaskan kesesuaian jawaban mereka dengan poin-poin ini. Catatlah gagasan yang memberi mformasi tambahan bagi poin pembelajaran dari
pelajaran anda.
VARIASI
1.
Jangan
memilah-milah jawaban siswa menjadi daftar yang terpisah. Sebagai gantinya,
buatlah satu daftar panjang dan perintahkan mereka untuk mengkategorikan
gagasan mereka terlebih dahulu sebelum anda membandingkannya dengan konsep yang
ada di pikiran anda.
2.
Mulailah
pelajaran dengan tanpa kategori yang sudah ada di benak anda. Cermati bagaimana
siswa dan anda secara bersama bisa memilah-milah gagasan-gagasan mereka menjadi
kategori yang berguna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar